Beras Mahal, Kholilurrahman Sarankan Pemerintah Melakukan Ini

0
62

SISPEK.COM – Mahalnya beras merupakan malapetaka bagi masyarakat, mengingat beras merupakan makanan pokoknya. Lebih-lebih bagi masyarakat yang kurang mampu, melonjaknya harga beras sama saja dengan mengisap darah mereka.

Di sinilah ada yang perlu dipertanyakan dari naiknya harga beras. Bagaimana mungkin beras kekurangan stok sehingga harga menjadi melonjak sedangkan kita mempunya lahan pertanian yang cukup luas. Maka tampaknya di sini ada masalah yang perlu kita selesaikan. Mantan DPR RI Kholilurrahman mengatakan bahwa salah satu penyebab naiknya harga beras ialah kurangnya stok beras untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Jika stok beras kurang sedangkan permintaan tetap, maka secara otomatis beras akan menjadi naik. Maka dari itu, ia menyarankan beberapa hal penting untuk mencegah naiknya harga beras di kemudian hari.

Tingkatkan Produksi Beras

Salah satu faktor kurangnya stok beras ialah kurangnya produksi padi. Untuk meningkatkan produksi padi, Kholilurrahman menyarankan untuk memperhatikan 3 hal penting. Di antaranya ialah optimalisasi lahan, Penggunaan Varietas unggul baru (VUB), dan perbaikan teknologi budidaya dengan PTT (Pengelolaan Tanaman dan Sumber daya Terpadu). Langkah ini merupakan hasil pengalamannya dalam memimpin Pamekasan.

Ketika menjabat sebagai bupati Pamekasan, Kholilurrahman telah mampu meningkatkan secara drastis produksi beras selama 3 tahun berturut-turut. Pada awal ia memimpin luas lahan penghasil padi sebesar 22,765 Ha, dengan hasil panen sebesar 127,391 ton. Tahun 2019 perluasan lahan padi meningkat menjadi 22,850 dengan total panen sebesar 130,858 ton. Pada tahun 2010 perluasan lahan padi terus bertambah menjadi 23,362 ha, dengan total peningkatan panen menjadi 141,332 ton. (Sumber: Dinas Pertanian Pamekasan)

Keberhasilan dalam meningkatkan produksi padi itu mendapat tanggapan positif dari pemerintah. Kholilurrahman mendapatkan penghargaan Satya Lencana Wirakaya Pertanian dan penghargaan dan penghargaan dari Presiden dalam keberhasilan membantu meningkatkan produksi beras nasional dengan pertumbuhan yang cukup mengesankan. (bakorwilpamekasan.jatimprov.go.id)

Baca Juga :   Perpaduan antara Definisi dan Praktek; Islam Bicara Aktualisasi Konsep Pemimpin dan Kepemimpinan

Berantas Mafia Beras

Faktor lain yang menjadikan beras menjadi langka ialah permainan mafia beras. Peningkatan produksi padi akan menjadi sia-sia jika stok beras yang terus meningkat itu dimanipulasi oleh mafia-mafia beras.

Untuk melangkakan stok beras, biasanya mafia-mafia beras melakukan penggelapan stok beras. Stok beras yang seharusnya cukup untuk dikonsumsi masyarakat hingga waktu tertentu, akan menjadi tidak cukup jika para mafia membeli stok beras yang ada dan kemudian ia stop peredaran beras di masyarakat. Akibatnya ialah berkurangnya stok beras yang beredar di masyarakat. jika stok beras sudah kurang, maka harga beras menjadi naik. Maka untuk menanggulanginya akan muncul ide-ide lain seperti impor beras dan lainnya. Itu merupakan permainan-permainan mafia beras.

Maka dari itu, mafia-mafia beras harus dimusnahkan hingga ke akar-akarnya. Jika tidak, ia hanya akan menjadi lintah yang terus mengisap darah masyarakat. Pemerintah sebagai institusi yang mempunyai banyak perangkat, sangatlah bisa memberantas mafia-mafia tersebut. Kecuali jika mafia tersebut selingkuh dengan perangkat dan pemerintah.

Jika dua hal di atas mampu di atas oleh pemerintah, maka stok beras akan cukup bahkan lebih. Dengan begitu, harga beras menjadi stabil.