Membaca Simbol-Simbol Bata-Bata Pada Pilkada Pamekasan

0
484
Dr KH Kholilurrahman menyoal kemampuan kitab Santri Bata-Bata.

SISPEK.COM – Beberapa waktu lalu, video pernyataan Raden Lora Thohir tentang absennya Bata-Bata dalam kancah perpolitikan  regional maupun nasional. Kita temukan video itu langsung diupload oleh akun youtube Bata-Bata. Video ini sempat menjadi rudal penghenti gerakan dan dukungan terhadap suatu calon. Para alumni sempat menjadi bimbang dan ragu kemana ia harus memosisikan dukungannya. Namun apakah demikian adanya?

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kemampuan perpolitikan Bata-Bata tak diragukan. Bahkan Bata-Bata sudah berpolitik semenjak lahirnya Republik ini. Kepiawaian Bata-Bata termaktub dalam politik simbolnya.

Memang secara resmi, Bata-Bata tak menyatakan dukungan pada salah satu calon pada pilkada kali ini, tapi Bata-Bata memberikan simbol-simbol atas dukungan pada salah satu calon. Inilah yang tak banyak orang ketahui.

Mahasiswa Alumni Bata-Bata berfoto bersama Dr KH Kholilurrahman sebagai simbol sambutan hangat kepadanya.

Melalui pekan ngaji, Bata-Bata memberikan kesempatan kepada Calon Bupati Pamekasan 2018, Dr. KH. Kholilurrahman untuk menguji skill kitabiyah para santri di panggung. Melalui seminar Internasional IMABA, Dr. KH. Kholilurrahman mendapat sambutan hangat dari para alumni. Ini merupakan bentuk pertunjukan yang spektakuler. Di tengah ribuan massa pekan ngaji, Bata-Bata tunjukkan siapa calon yang layak dipilih pada pilkada kali ini.

Bukankah ini merupakan simbol yang bisa kita pahami arah dukungan Bata-Bata. Politik tingkat dewa Bata-Bata melalui simbol-simbolnya harus kita apresiasi dan bisa kita jadikan sebuah model berpolitik yang elok. Tanpa harus korbankan lembaga untuk ikut serta dalam politik, tetapi pesan-pesannya tetap sampai kepada publik dengan cara yang cukup cantik.

Politik simbol ini jelas mempunyai efek samping yang luar biasa. Langkah kuda Bata-Bata ini akan memorak-porandakan opini-opini liar tentang dukungan Bata-Bata terhadap paslon di Pamekasan. Kini terjawab sudah kegundahan para santri.

Baca Juga :   (Video) Alumni Banyuanyar, Bata-Bata dan Panyeppen Sudah Menyatakan Dukungan Pada Pilkada Pamekasan

by Ahsani Rudianto